Tim Penggerak PKK Ajak UP2K Tingkatkan Pendapatan Melalui Perkoperasian 2022 20 September 2022

Tim Penggerak PKK Ajak UP2K Tingkatkan Pendapatan Melalui Perkoperasian 2022  20 September 2022

KANIGARAN – Berdasarkan UU 25/2019 tentang perkoperasian, membuat Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) menggelar Sosialisasi Perkoperasian bagi Usaha Peningkatan dan Pendapatan Keluarga Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (UP2K PKK), Selasa (20/9) di sebuah kafe di Jalan Dr Saleh.

Diikuti 75 orang terdiri dari TP PKK kelurahan dan Poksus UP2K PKK kelurahan se- Kota Probolinggo itu dimaksudkan untuk mendorong UP2K yang ada di kelurahan agar semakin berkembang serta meningkat menjadi peran koperasi dan diharapkan menjadi koperasi di kelurahan. “Selain itu untuk meningkatkan kelompok khusus (Poksus) UP2K PKK dalam pengelolaan kemampuan beradministrasi. Hal ini sebagai tindak lanjut program TP PKK khususnya Pokja II tahun 2019, yaitu lomba administrasi kelompok UP2K PKK,” jelas Kepala DKUPP Fitriawati dalam laporannya.

Ketua TP PKK Aminah Hadi dalam sambutannya didampingi Ketua Pokja II Wila Purwandari dan narasumber dari Lembaga Pendidikan Perkoperasian (Lapenkop) di wilayah Jawa Timur menyampaikan UP2K di tingkat rumah tangga menjadi pilihan dan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi.

“Usaha ekonomi merupakan strategi alternatif pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Oleh karena itu, pendekatan berbasis sosial kemasyarakatan tidak hanya meningkatkan pendapatan tetapi mencakup pengembangan kemampuan dan keahlian warga atau kader dan anggota rumah tangga, khususnya keluarga yang mempunyai usaha,” terangnya.

Menurutnya, pemberdayaan ekonomi keluarga pada dasarnya dimaksudkan agar seluruh anggota keluarga terlibat dalam 

iatan yang produktif sehingga bertambah pendapatan keluarga. Karena masing-masing anggota memberikan sumbangan pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

“Untuk mendukung langkah gerak UP2K PKK yang selama ini bergerak pada sektor permodalan kecil diperlukan sebuah langkah untuk meningkatkan usaha tersebut menjadi pra koperasi dan koperasi,” bebernya.

Hal ini dimaksudkan agar permodalan dapat bergulir lebih besar sehingga mampu menyokong kegiatan usaha bagi para anggotanya. Untuk itu, Aminah berharap melalui giat ini kelompok UP2K dapat meningkat menjadi koperasi wanita yang bergerak di bidang usaha permodalan bagi keluarga kecil dan menengah. “Langkah gerak TP PKK untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera kiranya dapat terwujud melalui kegiatan ini,” harapnya. Usai membacakan sambutannya, Aminah Hadi mengajak peserta sosialisasi untuk ikut berpartisipasi dalam kampanye #weloveprobolinggo #welovecities. (DY/fa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.