Pemkot-BPS Siap Sukseskan Regsosek 2022

Pemkot-BPS Siap Sukseskan Regsosek 2022

KANIGARAN – Pemerintah Kota Probolinggo dan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat gelar rapat koordinasi daerah bersama, Selasa (20/9) pagi. Agendanya pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 Kota Probolinggo, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Mengawali rapat, Kepala BPS Heri Sulistio menjelaskan tujuan digelarnya rapat ini untuk mensosialisasikan rangkaian tahapan Regsosek yang akan dilakukan BPS. “Tujuan dari acara ini adalah memperoleh dukungan dari jajaran pemerintah tingkat kabupaten atau kota dalam menyebarluaskan tahapan kegiatan Regsosek 2022,” terang Heri di depan peserta rapat di sebuah ruang pertemuan di Jalan Dr Sutomo.

Masih menurut Heri, hasil dari Regsosek 2022 ini nantinya akan mengintegrasikan berbagai data masyarakat dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). “Mewujudkan integrasi program suatu sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan,” jelasnya.

Rakorda ini diikuti perwakilan forkopimda, kepala perangkat daerah, camat, lurah, kapolsek dan danramil se-Kota Probolinggo. Selain Kepala BPS, paparan materi juga disampaikan dari Dinas Sosial P3A serta Bappeda Litbang. Setelah rapat koordinasi ini, tahapan berikutnya adalah penyiapan basis data, pelaksanaan di lapangan, selanjutnya di tahun 2023 adalah pengolahan data, uji publik dan terakhir penyerahan data yang ditargetkan selesai akhir tahun depan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati menyampaikan bahwa adanya Regsosek ini akan mendukung pilar utama reformasi sistem perlindungan sosial. “Sebagai pilar utama reformasi sistem perlindungan sosial, Regsosek mendukung komponen reformasi lainnya, diantaranya perlindungan sosial adaptif, integrasi berbagai program perlindungan sosial dan digitalisasi penyaluran bantuan sosial,” terang sekda.

Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh peserta rapat untuk mendukung suksesnya Regsosek di Kota Probolinggo. “Di sini ada camat, kemudian ada kapolsek, danramil, lurah semuanya, saya minta tolong untuk mendukung penuh acara Regsosek tahun 2022 ini, karena itu nantinya akan menjadi potret Kota Probolinggo,” pinta Sekda Ninik.  

Di penghujung sambutannya, Sekda Ninik mempromosikan ajang kompetisi persahabatan We Love Cities yang sedang diikuti Kota Probolinggo. “Kompetisi persahabatan We Love Cities sudah dimulai, mari dukung kota Probolinggo dalam ajang We Love Cities Tahun 2022 yang diikuti oleh 72 kota dari 31 negara di dunia, sehingga Kota Probolinggo menjadi kota yang paling dicintai,” ajaknya. (dp/fa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.