Tumbuhkan Rasa Cinta Museum Sejak Dini Lewat Gelaran Berbagai Lomba

KANIGARAN – Puluhan pelajar tingkat Sekolah Dasar Negeri-Swasta di Kota Probolinggo, pagi tadi (20/6), sangat antusias mengikuti lomba menggambar yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang di selenggarakan di halaman museum setempat. Banyak ekspresi peserta yang terlihat. Ada peserta yang sangat serius saat menggambar, ada yang cuek, ada juga yang terlihat rilex tapi tetap fokus. 

Para pelajar dilibatkan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan menanamkan kecintaan terhadap museum sejak dini. Sekaligus mengingatkan pentingnya pentingnya pengetahuan terkait sejarah dan cagar budaya.

Menurut Sub Kordinator Cagar Budaya dan Permusiuman Disdikbud, Taruna Santoso menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk upaya menumbuhkembangkan rasa cinta anak-anak terhadap benda bersejarah. “Hal ini dilakukan agar anak-anak didik lebih mengenal benda bersejarah budaya Indonesia,” jelasnya.

Setelah dua jam menggambar, panitia melakukan penilaian kemudian ditutup dengan penyerahan hadiah, piala dan piagam kepada ke enam nominasi yang diumumkan secara langsung. Tim juri lomba terdiri dari Pengawas tingkat SD-SMP Kasiadi, guru SMK Negeri 3 Made Malvinas dan Tutik Atmawati guru kesenian di SMAN 3.

Juara 1 diraih Vigo Agustira Kamal dari SDN Wiroborang 1, mendapatkan uang pembinaan Rp 1 juta. Juara kedua Maulana Irvan Javier SDN Mangunharjo 12 dengan poin 276, mendapatkan uang pembinaan Rp 800 ribu; Yuniar juara ke 3 dari SDN Jrebeng Kidul dengan poin 272, memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 700 ribu.

Sedangkan Harapan 1 dari SDI Nurul Hidayah dimenangkan Laili Shoviatul Fariha dengan poin 265, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 500 ribu. Harapan ke 2 Ananda Eka Andika Pratama dari SDN Jrebeng Kulon 1 dengan poin 257, mendapatkan uang pembinaan Rp 300 ribu. Di posisi Harapan 3 jatuh kepada Jaka Herlambang dari SDN Kebonsari Wetan 1 dengan poin 252, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 200 ribu. Semua peserta mendapatkan piala dan piagam.

Tidak hanya untuk peserta didik Sekolah Dasar saja, Disdikbud juga menggandeng dari tingkat Taman Kanak-Kanak serta Sekolah Menengah Pertama Negeri-Swasta di Kota Probolinggo. “Jadwal hari pertama ini adalah lomba menggambar  yang diselenggarakan 2 hari hingga Selasa (21/6) besok dengan tema Menggambar koleksi batik kuno,” kata Taruna.

Sedangkan Kamis (23/6) digelar lomba melukis Jumat (24/6) ada lomba baca puisi. Masing-masing kategori lomba akan di ambil 6 pemenang, terdiri dari juara 1-3 dan harapan 1-3. (dev/fa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.