Targetkan Lonjakan Prestasi di PORPROV VII

ANIGARAN – Sekda drg. Ninik Ira Wibawati dan jajaran Forkopimda, Senin (20/6) pagi, melepas secara resmi keberangkatan kontingen Kota Probolinggo untuk berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) VII tingkat Jawa Timur yang dihelat mulai 25 Juni hingga 3 Juli di empat kota. Yakni Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lumajang.

Pengukuhan dan pemberangkatan atlet dan official di Puri Manggala Bhakti itu ditandai dengan penyerahan dan pemakaian jaket secara simbolis yang diberikan Sekda Ninik didampingi Kapolresta AKBP Wadi Sa’Bani dan Dandim 0820 Probolinggo Arh. Arip Budi Cahyono. Dilanjutkan dengan penyerahan bendera pataka oleh Sekda Ninik kepada Komandan Kontingen merupakan Wakil Ketua I KONI Kota Probolinggo Imanto.

Dijelaskan Ketua KONI Rahardian Juniardi, kekuatan Kontingen Kota Probolinggo pada PORPROV VII ini berjumlah 205 orang. Terdiri dari 135 orang atlet (atlet putra 81 orang dan atlet putri 54 orang), pelatih dan asisten pelatih 48 orang, dan official 70 orang. Mereka akan mengikuti 20 cabang olahraga prestasi dan 1 cabang olahraga bersifat eksibisi, berkuda .

Dodi- sapaan akrabnya menambahkan cabang olahraga yang diunggulkan dalam ajang yang digelar empat tahunan itu diantaranya catur, renang, selam, panjat tebing, taekwondo dan bola basket. Dodi berharap dalam perhelatan ini dapat terjadi peningkatan lompatan prestasi.

Hal itu bukan tanpa sebab, menurut Dodi, pada PORPROV tahun 2019 Kota Probolinggo masih berada di peringkat 28 dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur. Ia mengungkapkan rasa syukur atas support dan dukungan pemkot yang luar biasa dicurahkan untuk KONI setempat. “Support dan kehadiran pemerintah yang luar biasa harus kita jawab dengan lonjakan atau lompatan prestasi dan Kota Probolinggo sudah selayaknya masuk 10 besar PORPROV tahun ini,” tandasnya.

Sementara itu, Sekda Ninik mengungkapkan rasa bangganya saat melepas Kontingen Kota Probolinggo. “Kesiapan, optimisme dan tekad yang bulat harus tertanam pada diri kontingen. Hal ini merupakan wujud dari saksi pembinaan prestasi olahraga dan mewujudkan atlet yang potensial, berkarakter, mampu mengangkat citra olahraga Kota Probolinggo,” tuturnya.

Ia juga menyerukan pada segenap kontingen untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta meningkatkan prestasi atlet agar lebih baik lagi. “Dengan mengikuti PORPROV ini kita memberikan motivasi dan dukungan secara moral terhadap atlet dan pelatih dalam keseriusan mengikuti kejuaraan multievent PORPROV VII tahun 2022,” ujarnya.

Ia berpesan pada seluruh kontingen untuk membawa nama baik daerah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kejujuran, bersikap dan bertingkah laku yang baik dan sopan. “Tunjukkanlah kita sebagai pribadi yang berasal dari daerah yang menjunjung tinggi nilai penghormatan kepada orang lain. Apalagi ini juga merupakan ajang pertemuan dan silaturahmi seluruh atlet daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur,” pesannya.

Hadir juga pada acara itu Pimpinan Bank Jatim Cabang Probolinggo, Plt Kepala Dispopar Fajar Purnomo dan perwakilan Dispendikbud. (DY/fa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.