SOSIALISASI TENTANG PENYAKIT MENULAR DAN PENYAKIT TIDAK MENULAR KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO TAHUN 2018

Sosialisasi tentang penyakit menular dan penyakit tidak menular dilaksanakan pada hari senin  tanggal 16 April 2018 di Kecamatan Kademangan, peserta sebanyak sebanyak 75 orang yang terdiri dari Ketua dan sekretaris TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Kademangan, kader posyandu dan Kasi Pemmas Kelurahan beserta satu orang staf.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Bapak Sekretaris Camat Kademangan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi tersebut. Narasumber berasal dari Puskesmas Ketapang menyampaikan materi tentang penyakit menular dan tidak menular. Adapun materi secara lengkap diuraikan sebagai berikut :

Penyakit menular atau infeksi adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit dan bukan disebabkan oleh faktor fisik. Penyakit menular di definisikan sebagai penyakit yang dapat ditularkan (berpindah dari orang satu ke orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung atau melalui perantara / penghubung). Contoh penyakit menular yaitu TBC, Cacar Air, Campak, Hepatitis, AIDS, DBD, Kolera dan lain-lain.

Penyakit tdak menular adalah penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi dari seluruh penyebab kematian di Indonesia, untuk Stroke mencapai 15,4% disusul Hipertensi, diabetes, kanker dan penyakit Paru. Penyakit tidak menular pada umumnya bersifat kronis sehingga memerlukan waktu yang cukup panjang untuk penyembuhannya. Penyakit tidak menular merupakan penyakit yang bukan disebabkan oleh kuman atau virus. Contoh penyakit tidak menular Jantung, Kanker.Pernafasan diabetes, Hipertensi, Cidera akibat kecelakaan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.