SOSIALISASI JENIS – JENIS PELAYANAN KECAMATAN KADEMANGAN TAHUN 2018

Materi sosialisasi fokus pada Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) dan Perijinan tanggal 18 April 2018 di Kecamatan Kademangan, peserta sebanyak 80 orang yang yang terdiri dari Sekretaris Lurah se-Kecamatan, Kasi Pelayanan beserta satu orang staf Kelurahan se-Kecamatan Kademangan dan  Ketua RT RW.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Bapak Sekretaris Camat Kademangan sekaligus membuka kegiatan tersebut. Narasumber berasal dari Dispendukcapil     Kota Probolinggo dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Probolinggo. Adapun materi yang disampaikan narasumber meliputi :

Dispendukcapil menyampaikan materi :

Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA).

  1. Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (Gisa) dengan sasaran masyarakat , aparatur peugas pelayanan dan pengguna (baik pemerintahmaupun swasta).
  2. Kesadaran administrasi kependudukan ditunjuk dengan 4 hal yaitu pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfatan data kependudukan, pentingnya pemuktahiran data kependudukan, pentingnya pelayanan administrasi.
  3. Penduduk Kecamatan Kademangan yang belum melaksanakanperekaman KTP-el sebanyak 191 jiwa sampai dengan buan april.
  4. Penduduk Kecamatan Kademangan bagi yang belum melaksanakan perekaman KTP_el diharapkan akhir bulan juni 2018 sudah melaksanakan perekaman.
  5. Untuk menuntaskan yang belum perekaman Kecamatan Kademangan dan Dispendukcapil Kota Probolinggo melaksanakan perekaman ke keliling ke masing-masing Kelurahan diwilayah Kecamatan Kademangan.
  6. Mulai bulan April 2018 untuk pengurusan akta kelahiran yang usia 0 s.d 60 hari bisa diajukan di Kecamatan stempat dengan pelayanan 3in 1 ( Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak), pelayanan 3 in 1 tidak hanya ada di Kecamatan pelayanan 3 in 1 berada di Rumah Sakit, Pukesmas dan Bidan Mandiri karena Dispendukcapil sudah bekerja sama dengan Rumah Sakit, Pukesmas dan Bidan Mandiri sehingga bagi warga yang melakukan persalinan bisa langsung mengajukan pelayanan 3 in 1.
  7. DISPENDUKCAPIL membuka pelayanan diluar jam kerja hari Sabtu dan Minggu buka.
  8. Masa berlakunya KTP-el berdasarkan undang-undang yaitu :
  9. Pasal 64 ayat 7 huruf c UU No.24 tahun 2013 mengamanatkan bahwa KTP_el untuk warga Indonesia masa berlakunya seumur Hidup.
  10. Selanjutny dalam pasal 101 huruf c UU no.24 Tahun 2013diamanatkan bahwa KTP_el yang sudah diterbitkan sebelum undang-undang no.24 tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian KTP_el yang diterbikan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupu telah habis masa berlakunya.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)

  1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Probolinggomelayani perijinan sebanyak kurang 50 jenis pelayanan.
  2. Untu pengajuan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) , Surat ijin Usaha perdagangan (SIUP) dan tanda daftar Perusahaan (TDP) akan ditarik kembali ke DPM & PTSP Kota Probolinggo dan akan dipusatkan di Mall pelayanan terpadu satu pintu.
  3. Untuk pengajuan IUMK sampai saat ini masih ditangani DPM & PTSP Kota Probolinggo dan apabila ada warga yang mengajukan IUMK langsung ke DPM & PTSP Kota Probolinggo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.