Buka Sosialisasi Pembuatan MP-ASI, Habib Hadi : Gizi Anak Penting untuk Masa Tumbuh Kembang

KADEMANGAN – Wali Kota Probolinggo membuka Sosialisasi Pembuatan MP-ASI (Makanan Pendamping ASI) bagi warga di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Rabu (20/4) siang. Sosialisasi ini penting agar orangtua dapat memberikan MP-ASI yang benar dengan gizi tercukupi. 

“Jangan sedikit-sedikit anak e berri’ (dikasih) aeng tajin (air tajin) atau air gula, padahal anak masih bayi. Ususnya belum bisa mencerna,” tegas Wali Kota Habib Hadi seraya menjelaskan tentang kondisi kesehatan balita. 

Menurutnya, pemerintah juga ikut andil dan bertanggung jawab terhadap pemberian edukasi dan pengetahuan bagi warganya. “Namun disamping itu orang tua harus sadar dan memahami, jangan membiarkan seolah itu hal yang biasa. Karena gizi anak itu penting untuk masa tumbuh kembangnya,” pesan wali kota di hadapan ratusan undangan. 

Habib Hadi berharap giat ini memberikan pemahaman baru dan orang tua berkelanjutan untuk mempersiapkan MP-ASI sang buah hati. “Saya akan evaluasi kegiatan hari ini dalam beberapa bulan ke depan. Yang saya tanyai pertama kader PKK, kader Posyandu, dan terakhir orang tuanya. Apa ada peningkatan  berat badan bayi,” tegasnya. 

Senada dengan sambutan wali kota, Lurah Pilang, Rois Siswanto juga menjelaskan bahwa tujuan giat tersebut untuk meningkatkan pemahaman kader posyandu dan kader PKK dalam mengelola pemberian MP-ASI. Dan, meningkatnya keterampilan anggota keluarga dalam menyiapkan dan memberikan MP-ASI lokal yang baik kepada bayi dan anak,” jelasnya. 

Rois menambahkan, bahwa giat ini juga salah satu cara kelurahan untuk mendukung program pemerintah yaitu mencegah stunting. Seperti diketahui, Pokja IV (empat) TP PKK Kota Probolinggo gencar sekali menggalakkan penurunan dan pencegahan stunting pada bayi dan balita.

Hadir sebagai narasumber yaitu dari puskesmas Ketapang dan Kader Posyandu dengan materi bagaimana cara membuat MP-ASI yang baik dan bahan-bahan MP-ASI. (sita/fa

Leave a Reply

Your email address will not be published.