Buka Giat Penguatan Wawasan Kebangsaan, Begini Pesan Wali Kota Habib Hadi

MAYANGAN – Sebagai upaya penguatan persatuan dan kesatuan berbangsa di tengah beragamnya etnis, budaya dan agama, Selasa (21/6), Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin membuka agenda Penguatan Wawasan Kebangsaan Bagi Pemuda Kota Probolinggo tahun 2022 di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) setempat.

Dalam sambutan pembukaannya, Plt Bakesbangpol Titik Widayati menyampaikan bahwa sasaran peserta kegiatan ini adalah para pemuda yang aktif pada organisasi kemasyarakatan di Kota Probolinggo. “Peserta terdiri dari pemuda atau anggota karang taruna kelurahan se-Kota Probolinggo, perwakilan anggota organisasi kepemudaan yaitu dari IPNU, IPPNU, IRMI, Pemuda Muhammadiyah, Pramuka, Tagana, Pemuda Panca Marga, STIA Bayuangga, STAI Muhammadiyah dan anggota purna paskibraka, kurang lebih sebanyak 100 orang,” terang Titik.

Hadir didampingi Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo, Wali Kota Habib Hadi menegaskan pentingnya agenda wawasan kebangsaan untuk diikuti dan dilaksanakan. “Kegiatan wawasan kebangsaan ini sangatlah penting, kegiatan ini bukan hanya seremonial tapi hal yang harus kita ingatkan terus, karena kita manusia fluktuatif dalam menghadapi dinamika,” tegas Habib Hadi.

Mengambil nasihat dari kehidupan pribadinya, wali kota berpesan kepada seluruh peserta, tentang 3 prinsip agar memiliki karakter kebangsaan yang kuat dan adaptif. “Abah saya berpesan pada saya, harus memiliki 3 prinsip, pertama jangan mencari perhatian orang, jangan senang disanjung orang dan jangan menyakiti orang lain,” kata Habib Hadi.

Berikutnya, tidak ingin hanya berhenti pada hari ini saja, Wali Kota Habib Hadi mewajibkan kepada setiap peserta agar menyampaikan dan meneruskan ilmu wawasan kebangsaan yang didapat ke lingkungan sekitar. “Jadi pesan saya kepada semua yang hadir disini, secara tidak langsung anda dipercaya mewakili sahabat-sahabat yang lainnya, dibekali dengan wawasan kebangsaan yang nantinya disampaikan oleh narasumber, anda punya kewajiban menyampaikan di lingkungan anda sendiri, dimanapun anda berada, anda sampaikan,” pesannya.

Berikutnya, agenda pembekalan materi penguatan wawasan kebangsaan ini disampaikan oleh Plh Pasiops Kodim 0820/Probolinggo Lettu Inf M. Isnaini dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Probolinggo Ali Muhtar. (dp/fa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.