BAZNAS Gelar Khotmil Qur’an Serentak Hari Ini di 15 Titik

KANIGARAN – Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan di peringatan Nuzulul Quran, Rabu (20/4) pagi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Probolinggo menggelar Khotmil Qur’an serentak di 15 titik yang tersebar di wilayah setempat. Salah satunya di Masjid Agung Raudlatul Jannah.

Ketua Baznas M. Agus Saifudin menjelaskan tujuan giat ini adalah untuk menyemarakkan Ramadan penuh berkah, sekaligus good government. Karena gelaran ini tidak hanya diadakan di masjid/musala, namun juga di pendapa kecamatan. “Ketika memperingati Nuzulul Qur’an, paginya (Khotmil Qur’an) digelar diharapkan dapat memberikan keberkahan secara keseluruhan ibadah umat muslim seharian. Khususnya untuk Kota Probolinggo dan Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

Tidak hanya sekedar Khotmil Qur’an, BAZNAS juga memberikan tali asih kepada Hafidz-Hafidzah setelah mereka usai membaca Qur’an. Hal ini dilakukannya sesuai arahan Pembina BAZNAS Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin yang mengingatkan tugas BAZNAS adalah mentasharrufkan (mengelola /menggunakan) amanah dari ASN supaya tersalurkan sesuai dengan regulasinya.

“Ini adalah program BAZNAS Probolinggo Taqwa (santunan untuk Penghafal Al Qur’an/para Huffadz, marbot, kiai dan bu nyai). Selain itu BAZNAS juga ada program Probolinggo Peduli akan memberikan santunan pada kaum dhuafa, abang becak dan anak yatim. Sebagaimana kami mendapatkan arahan dari Pembina BAZNAS untuk mentasharrufkan amanah ASN. Supaya menyentuh pada seluruh lapisan masyarakat terutama yang sudah menjadi program BAZNAS,” paparnya.

Puncak acara ini adalah pembacaan doa langsung oleh Pengasuh Ponpes Sabilun Najah KH. Achmad Anwar Zahid di peringatan Nuzulul Qur’an sore nanti. Lima belas titik yang jadi lokasi Khotmil Qur’an antara lain Masjid Al ikhlas (pemkot), Musala Rumah Dinas Wali Kota, Musala Kantor Kesra, Masjid Al Hidayah (Kodim 0820), Masjid Al Arief (Mastrip), Masjid Ar Roudlah (Wonoasih), Masjid An Nur (Jati), Masjid Al Mukarromah (Triwung Kidul), Masjid Karimul Ihsan (Ketapang), Pendapa Kecamatan Kanigaran, Kecamatan Mayangan, Kecamatan Wonoasih, Kecamatan Kedopok dan Kecamatan Kademangan. (DY/fa)BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.